Lawatan Jokowi ke Berbagai Negara Bentuk Konsistensi Menjaga Ketertiban Dunia

Penulis: Mediaindonesia.com Pada: Rabu, 27 Jul 2022, 13:25 WIB DPR
Lawatan Jokowi ke Berbagai Negara Bentuk Konsistensi Menjaga Ketertiban Dunia

BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida

PRESIDEN Joko Widodo berupaya dalam menciptakan perdamaian di dunia internasional. Berbagai langkah diambil agar situasi dunia terus dalam keadaan baik.

Konflik dunia tak lepas dari perhatian serius Presiden Jokowi yang kini menyandang predikat sebagai Presidensi G20. Dengan membawa visi perdamaian, Jokowi mengunjungi berbagai negara agar situasi dunia bisa dikendalikan. 

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menyebut langkah yang dilakukan Presiden Jokowi tersebut merupakan cara untuk menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang senantiasa turut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“(Langkah) itu menunjukkan identity sebuah negara,” kata Moeldoko usai mengisi seminar nasional di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Ia menambahkan, latar belakang sebagai negara nonblok mengharuskan Indonesia untuk konsisten dalam menciptakan perdamaian dunia. Menurut Moeldoko, konsistensi itu berhasil dijalankan oleh Presiden Jokowi.  

“Indonesia sebagai negara non-blok, konsekuensinya adalah bagaimana ikut terlibat dalam perdamaian dunia,” tandasnya.

Diketahui, Jokowi telah mengunjungi berbagai negara dunia seperti G7, Ukraina-Rusia. Pekan ini Jokowi mengunjungi tiga negara di kawasan Asia Timur yakni RRT, Jepang, dan Korea Selatan.

Hari ini, Presiden Jokowi bertemu PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo. Indonesia dan Jepang sepakat untuk mempererat kerja sama di bidang maritim, investasi, lingkungan, hingga energi.

Jepang menilai Indonesia sebagai mitra strategi yang berbagi nilai-nilai dasar dan kepentingan strategis. (Ant/OL-8)