Sidak Pasar Johar Karawang, Gus Muhaimin: Harga Stabil, Harus Dipertahankan

Penulis: Mediaindoneisa.com Pada: Rabu, 26 Okt 2022, 19:05 WIB DPR
Sidak Pasar Johar Karawang, Gus Muhaimin: Harga Stabil, Harus Dipertahankan

Dok. DPR RI
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar melakukan sidak di Pasar Johar, Karawang

SEJUMLAH komoditas yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat terpantau relatif stabil. Hal ini terungkap saat Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional Johar, Kawarang Timur, Karawang, Rabu (26/10) pagi.

Muhaimin mengatakan komoditi seperti beras, minyak goreng, telur, tepung, daging ayam dan daging sapi masih terpantau stabil atau belum mengalami kenaikan harga yang signifikan meski dihantui penyesuaian harga BBM beberapa waktu yang lalu.

"Alhamdulillah, dari hasil sidak saya ke sejumlah warga pedagang pasar Johar Karawang harganya boleh dibilang stabil. Belum ada peningkatan harga yang signifikan," kata Muhaimin.

Dari hasil pantauan Muhaimin, harga bawang putih di pasar Johar saat ini dijual di kisaran Rp26 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp14 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp27 ribu, daging ayam Rp30 ribu, dan cabe rawit Rp50 ribu.

"Tadi cuma bawang merah yang mengalami kenaikan, sekarang pedagang jualnya Rp31 ribu, seminggu sebelumnya Rp29 ribu perkilo. Kalau harga cabai itu fluktuatif terkait dengan pasokan dari petani," tutur Muhaimin.

Baca juga : Gus Muhaimin Dorong BUMN Dukung Pembalap Belia Valera dan Tantra di ajang MiniGP

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun bersyukur melihat stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional. Ia berharap stabilitas harga kebutuhan pokok terus dipertahankan.

"Kita tahu situasi sekarang memang serba sulit, dan stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar tradisional ini jadi angin segar, terutama untuk masyatakat kecil. Saya tekankan kondisi ini harus dipertahankan," terang Muhaimin.

Muhaimin menambahkan, pandemi berdampak serius bagi setiap sendi perekonomian masyarakat. Sebab itu ia mengajak masyarakat untuk kembali berbelanja ke pasar tradisional untuk menggeliatkan kembali perekonomian rakyat kecil.

"Pasar tradisional berperan penting menggerakkan roda perekonomian rakyat, terutama rakyat kelas bawah. Karena itu mari kita gairahkan kembali berbelanja di pasar tradisional karena pasar tradisional bisa membantu pedagang yang sudah lama berjuang dengan ekonomi di kalangan bawah," tukas Muhaimin.

Tak sendiri, Muhaimin sidak didampingi sang istri Rustini Murtadho, Ketua Komisi X DPR RI yang juga Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda, serta sejumlah anggota DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Karawang Fraksi PKB. (RO/OL-7)