Komisi IV DPR RI Soroti Perhutanan Sosial yang TImbulkan Masalah Lingkungan

Penulis: Mediaindonesia.com Pada: Sabtu, 18 Feb 2023, 08:00 WIB DPR
Komisi IV DPR RI Soroti Perhutanan Sosial yang TImbulkan Masalah Lingkungan

Dok. DPR RI
Anggota Komisi IV DPR RI Slamet

ANGGOTA Komisi IV DPR RI Slamet menyoroti kawasan hutan kayu putih di Grobogan, Jawa Tengah yang menjadi lahan jagung sehingga menimbulkan berbagai masalah lingkungan seperti banjir yang mendapat banyak keluhan dari masyarakat. 

Sebelumnya kawasan tersebut menampung air untuk menahan laju genangan air.

"Kawasan hutan kayu putih ini secara konservasi menjadi ketahanan air setelah diubah menjadi lahan jagung sehingga dapat menimbulkan bencana banjir ini banyak menimbulkan keluhan dari warga," ujar Slamet saat ditemui Parlementaria saat kunjungan kerja komisi IV DPR RI ke Grobogan, Jawa Tengah.

Setelah melakukan kunjungan langsung kelapangan ditemui banyak lahan jagung yang semula tumbuhan kayu putih yang dapat juga berguna penahan air agar tidak banjir. Hal ini terjadi karena kurangnya sinergi dari program yang digagas pemerintah dengan masyarakat yaitu perhutanan sosial. 

Baca juga : Legislator Ajak Masyarakat Hindari Isu SARA di Pemilu 2024

"Setelah kita melakukan kunjungan ke lapangan kondisinya memang seperti itu artinya perhutanan sosial yang digagas oleh pemerintah belum sinergi dengan masalah lingkungan," ujar Politisi Fraksi PKS ini. 

Kedepannya Slamet berharap program perhutanan sosial dapat lebih baik lagi sehingga hutan dapat bisa dirasakan banyak manfaat dan tetap terjaga kelestariannya. 

"Ini menjadi PR bagaimana hutan tetap terjaga dan masyarakat dapat memanfaatkannya sehingga tidak sepihak saja, hanya pertaniannya yang berjalan tetapi masyarakat mendapatkan dampak banjirnya," tutup Legislator Dapil Jabar IV itu. (RO/OL-7)