Komisi X DPR Apresiasi Perpustakaan Daerah Kota Bogor

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Jumat, 31 Mar 2023, 09:32 WIB DPR
Komisi X DPR Apresiasi Perpustakaan Daerah Kota Bogor

Ist/DPR

Wakil Ketua Komisi X DPR RI  Abdul Fikri Faqih mengapresiasi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Bogor yang memiliki berbagai macam fasilitas yang baik. Beragam fasilitas yang dimiliki Perpusda ini dinilai dapat meningkatkan minat baca para pengunjung dari berbagai macam usia.

"Perpustakaan Daerah Kota Bogor ini bisa menjadi contoh yang semula tidak memiliki lahan gedung, sepi pengunjung hanya kurang dari 50 pengunjung perharinya," katanya.

"Sekarang, berkat keseriusan Wali Kota Bogor dalam membangun Perpustakaan Daerah Kota Bogor, pengunjung yang datang pada siang hari sudah bisa mencapai 300 pengunjung dari siswa/siswi sekolah, mahasiswa maupun masyarakat umum," ujar Fikri Faqih saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X ke Perpustakaan Daerah, Kota Bogor, Kamis, (30/3).

Baca juga:  Tenaga Pustakawan Ramah Anak Masih Minim, Gol A Gong Dukung Sertifikasi dari Kementerian PPPA

Meskipun demikian, Fikri menilai terdapat beberapa catatan untuk Perpustakaan Daerah Kota Bogor. Salah satunya adalah masih kurangnya tenaga pustakawan sekolah.

“Pustakawan yang bertugas di seluruh perpustakaan sekolah di Kota Bogor masih minim, harus ditingkatkan jumlahnya melalui rekrutmen dan seksi yang ketat,” pungkas legislator Dapil Jateng IX tersebut. 

Baca juga: Kepala Perpusnas: Program TPBIS Solusi Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Politikus Fraksi PKS ini juga menambahkan bahwa sarana prasarana Perpusda ini harus ditingkatkan agar siswa/siswi dapat lebih banyak yang berkunjung.

"Sarana prasarana perpustakaan sekolah yang ada di Kota Bogor ini masih kurang. Sehingga, harus segera ditingkatan untuk membuat minat baca semakin bertambah dan akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dari gemar membaca,” tutupnya. (RO/S-4)