DPR Wanti-Wanti KAI Siapkan Gerbong Tambahan Jelang Lebaran

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Selasa, 04 Apr 2023, 09:11 WIB DPR
DPR Wanti-Wanti KAI Siapkan Gerbong Tambahan Jelang Lebaran

MI/Supardji Rasban
Kereta api berhenti di Stasiun Cirebon.

MODA transportasi kereta api masih menjadi favorit bagi sebagian besar pemudik Lebaran 2023 ini. Terkait hal itu, PT Kereta Api (KAI) pun sudah menyiapkan langkah-langkah penambahan gerbong kereta api tambahan.

Namun demikian, PT Kereta Api (KAI) tetap diwanti-wanti harus menyiapkan antisipasi maksimal dalam menyiapkan langkah-langkah penambahan gerbong tambahan.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Muslim saat Rapat Dengar Pendapat dengan Dirut PT Garuda Indonesia, Dirut PT Pelayaran Nasional Indonesia, Dirut PT KAI, Dirut PT Citilink Indonesia, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry  dan Dirut Perum Damri terkait pembahasan tentang kesiapan BUMN transportasi menghadapi mudik puasa dan Hari Raya Idul Fitri, Senin (3/4/2023).

Baca juga: PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon Siap Layani Pemudik

“Ini tentu dari semua paparan saya lihat memang semua sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Pertama memang saya melihat dari kereta api nih, Pak Didik ya, kereta api untuk hari ini total menyediakan fasilitas sampai 6,9 juta tempat duduk. Artinya apa? ini menjadi yang sangat favorit Pak Didik, artinya ini transportasi yang saya tahu betul setiap tahun ini diminati oleh masyarakat. Kenapa? karena cepat dan juga sangat efektif,” ujar Muslim.

Ledakan Jumlah Pemudik

“Kita tahu betul biasanya kalau di kereta api H-2 H-1 ini kan tambah membludak, Pak Didik. Jadi seandainya dengan gerbong yang disiapkan ini juga enggak cukup ada langkah-langkah nggak untuk dilakukan? tentu kita harapkan kenapa? Karena saya yakin akan meledak Pak Didik karena setelah dua tahun pandemi ini baru tahun ini Pemerintah akan memberi ruang gerak untuk bisa mudik kembali ke kampung halaman. Ini mungkin catatan buat kereta api,” sambungnya.

Baca juga: PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Bandara di Yogyakarta, Antisipasi Kepadatan Pemudik

Selain itu, terkait maskapai Garuda Indonesia, Legislator Fraksi Partai Demokrat tersebut menyoroti potensi kenaikan harga tiket pesawat yang sering terjadi di musim peak season menjelang hari raya.

Terkait hal itu, ia mengingatkan pihak Garuda Indonesia untuk memberlakukan tarif batas atas sebagaimana juga telah sering diterapkan di beberapa tahun terakhir ini.

Baca juga: Jokowi Langsung Jajal Jalur Kereta Api Trans Sulawesi 

“Saya melihat disini, ini (pesawat Garuda Indonesia) menjadi favorit juga pak. Apalagi tahun ini khususnya peak season paling tidak menyiapkan sedikitnya 1,2 juta kursi penerbangan, Pak. Tentu yang menarik lagi persoalan harga, Pak.," ujar Muslim.

"Ini juga dikeluhkan oleh masyarakat sebagian besar. Ini menjelang hari-hari begini ini kadang-kadang bisa naik dua kali lipat kebaikan harganya. Artinya apa? apa sih langkah-langkah Garuda dalam rangka mengantisipasi harga? Kalau gak, kasihan Pak, kadang-kadang bisa sampai 3 kali lipat (kenaikan harga),” tuturnya. (RO/S-4)