DPR Minta PLN Sosialisasikan Keamanan Listrik bagi Rumah Ditinggal Mudik

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 12 Apr 2023, 09:51 WIB DPR
DPR Minta PLN Sosialisasikan Keamanan Listrik bagi Rumah Ditinggal Mudik

Ist/DPR

WAKIL Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mengingatkan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) untuk memberikan sosialisasi secara masif perihal keamanan listrik terutama untuk rumah yang ditinggal pemiliknya menghadapi Hari Raya Idulfitri Tahun 2023.

Menurut Aria, sosialisasi tersebut penting mengingat beberapa kejadian yang menimpa masyarakat yang rumahnya terkena konsleting listrik saat ditinggal mudik Lebaran.

"Untuk PLN di setiap pulang mudik itu selalu ada saja yang namanya rumah yang ditinggal mudik itu kebakaran karena konslet. Itu bisa dibuka (dibaca) di media, saya mau tanya, bagaimana strategi PLN pengamanan listrik saat rumah-rumah ini ditinggal mudik?" tanya Aria dalam Rapat Dengar Pendapat dengan BUMN Energi yakni PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4).

Baca juga: Jaga Pasokan Listrik Selama Idul Fitri, PLN Siagakan 2.300 Posko

Menjawab pertanyaan Aria Bima, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan PLN akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut. Saat ini ia menambahkan, PLN telah melakukan sosialisasi baik melalui aplikasi PLN Mobile maupun pamflet dan spanduk-spanduk yang dipasang di sepanjang jalan.

Baca juga: PLN NP telah Produksi Energi Bersih 1.867 MW di 2023

"Tapi selain itu kami juga menggunakan teknologi dan himbauan kepada pelanggan untuk memasang ELCB jadi Earth-Leakage Circuit Breaker, itu apabila terjadi konslet atau kebocoran, itu otomatis langsung off. ELCB yang harus dipasang di instalasi-instalasi pelanggan," jelasnya. (RO/S-4)