Pancasila Masih Aktual, Sekjen DPR Dorong Penerapan Gotong Royong

Penulis: Media Indonesia Pada: Kamis, 01 Jun 2023, 10:32 WIB DPR
Pancasila Masih Aktual, Sekjen DPR Dorong Penerapan Gotong Royong

Ist/DPR
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar.

HARI lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni diperingati oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR, DPD dan MPR RI dengan melakukan upacara bendera di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar memandang Pancasila sebagai ideologi bangsa yang masih sangat aktual dan mendorong penerapan semangat gotong royong dengan bekerja secara super team dalam memberi dukungan kepada dewan.

“Saya kira Hari Lahir Pancasila ini bagi kita semua khususnya buat teman-teman yang jauh lebih muda ke depan ini tentu harus dimaknai bagaimana Pancasila itu tetap aktual dan kita berkomitmen menjadi sebuah pedoman hidup kita dalam segala hal, dalam segala bidang kehidupan gitu ya. Sehingga kedepan ini berbangsa bernegara akan terus semakin baik,” tutur Indra seusai mengikuti upacara, Kamis (1/6).

Baca juga: Jokowi: Pemerintahan Bisa Berganti, tapi Perjuangan Pembangunan Tidak Boleh Berhenti

Tambahnya, para pendiri-pendiri bangsa telah memikirkan dan melahirkan nilai-nilai Pancasila yang mutakhir, sangat aktual dengan situasi saat ini serta dapat memayungi Indonesia dengan keberagamannya dari Aceh sampai Papua.

Nilai-nilai Pancasila Masih Relevan dalam Kehidupan

Nilai-nilai Pancasila pun masih sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan keseharian ketika bergaul, berelasi dan bekerja sama ketika bekerja.

“Pancasila itu semua bisa menjadi satu pegangan hidup kita semua. Banyaklah di kantor ini kita padahal kecil, bagaimana kita saling menghargai dalam hal bersikap, dalam hal keyakinan beragama. Jadi saya kira ini harus terus kita gaungkan kepada teman-teman untuk bukan hanya menghapal tapi juga menjadikan Pancasila sebagai sebuah pedoman hidup,” ujarnya.

Baca juga: Jaksa Agung: Hari Lahir Pancasila Jangan Cuma Sekadar Seremoni

Selain itu, Indra juga mendorong penerapan semangat gotong royong sebagai salah satu nilai luhur sila ketiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia.

"Nilai ini dapat menjadi jawaban dalam isu manajemen kekinian yakni mengenai isu kolaborasi," katanya.

Ia mendorong untuk para pegawai bekerja sebagai super team dalam memberikan dukungan kepada dewan dengan semangat parlemen modern.

Baca juga: 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Terus Menjaga Eksistensi Pancasila di Era Globalisasi

“Bagaimana kita mengejawantahkan sebuah kolaborasi itu dalam Pancasila ada. Dan kerjasama itulah yang selalu saya ingatkan kepada teman-teman bahwa untuk membangun organisasi yang kuat, memberikan satu dukungan kepada dewan dengan semangat parlemen modern," paparnya.

"Salah satunya adalah bagaimana kita semua tidak bekerja secara individual tapi adalah super team, dimana kuncinya adalah gotong royong,” pungkas Indra. (RO/S-4)