Gobel Luncurkan Buku Ketiga Sebagai Anggota DPR

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 28 Jun 2023, 17:23 WIB DPR
Gobel Luncurkan Buku Ketiga Sebagai Anggota DPR

DPR/IST

WAKIL Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel meluncurkan buku ketiganya selaku anggota DPR RI. Peluncuran buku tersebut dilakukan di Grand Palace, Kota Gorontalo, Senin (26/6).

“Buku ini sebagai bentuk pertanggungjawaban saya kepada publik, terutama kepada rakyat Gorontalo yang menjadi daerah pemilihan saya,” ungkap Rachmat Gobel.

Buku berjudul 'Restorasi untuk Kesejahteraan dan Martabat Bangsa; Kiprah Tahun ke-3 Kinerja Wakil Ketua DPR RI/Korinbang' setebal 415 halaman itu terbagi ke dalam 11 bab. Seperti buku pertama dan kedua, berisi laporan kinerja Rachmat Gobel selaku anggota dan selaku wakil ketua DPR RI. 

Baca juga: DPR tidak Mengetahui Pembelian Pegasus

Buku ini melaporkan kegiatan Gobel selama tahun 2022. Buku tersebut dibahas oleh Dosen Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr Lukman AR Laliyo, Rektor Universitas Gorontalo (UG) Dr Sofyan Abdullah, Dosen UNG Dr Basri Amin, Sekretaris Dewan Adat Gorontalo Alim S Niode,  Rektor IAIN Sultan Amai Dr Zulkarnain Suleman, dan Imam Besar Masjid Baiturrahim Kota Gorontalo KH Drs Abdul Rasyid Kamaru.

Staf khusus Gobel di DPR Nining Indra Saleh mengatakan, Gobel adalah anggota DPR RI yang sangat aktif dan mengikuti ketentuan perundangan saat menemui pemilihnya untuk kunjungan dapil maupun kunjungan reses. "Hingga Juni 2023 sudah 51 kali menemui konstituen di 398 lokasi. Ini suatu rekor tersendiri. Dalam setiap kunjungan itu Bapak Gobel menyerap aspirasi, melakukan sosialisasi, dan juga mewujudkan aspirasi ke masyarakat,” kata Nining. 

Dalam tiga tahun tersebut, Gobel telah membangun ribuan rumah melalui program bantuan stimulan pembangunan perumahan, memperbaiki lingkungan kota, membangun saluran irigasi, membangun kawasan wisata, membagikan bibit padi dan jagung, membagikan bantuan ratusan ton beras, membagikan ratusan ton pupuk, membagikan ratusan traktor pertanian, membangun dua pabrik penggilingan beras, membangun PAUD berstandar internasional, dan sebagainya. 

Baca juga: DPR Pastikan Objektif dalam Kasus Ponpes Al Zaytun

“Ada yang dari uang pribadi, ada yang dari dana APBN, ada yang dari dana CSR, dan ada yang dari program pemerintah,” imbuh Nining..

Staf khusus Gobel lainnya di DPR Rustam Akili juga berpendapat, Rachmat Gobel memiliki motto politik pembangunan dan politik kesejahteraan. Hal ini sesuai dengan kondisi provinsi Gorontalo yang merupakan provinsi paling miskin nomor lima di Indonesia. Karena itu, program Gobel berfokus pada pembangunan pertanian dan perikanan, UMKM, sumberdaya manusia, dan koperasi. 

“Gambar besarnya adalah Visi 2051 dengan lokomotif pengembangan pelabuhan internasional di Anggrek dan pembangunan kawasan ekonomi khusus pangan. Investasinya sekitar Rp1,4 triliun dan akan menyerap 100 ribu tenaga kerja dalam 30 tahun,” kata Rustam. (RO/S-3)