Gunung Api Dempo Erupsi, Warga Diminta Tak Lakukan Aktivitas Pendakian

Penulis: Dwi Apriani Pada: Rabu, 26 Jul 2023, 19:23 WIB DPR
Gunung Api Dempo Erupsi, Warga Diminta Tak Lakukan Aktivitas Pendakian

BPBD Sumsel
Gunung api Dempo di Pagaralam Sumatera Selatan yang mengalami erupsi pada Selasa, (25/7).

GUNUNG Api Dempo yang berada Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, mengalami erupsi pada Selasa Malam (25/7/2023). Ketinggian kolom abu teramati sekitar 2.000 meter diatas puncak atau 5.173 mdpl.

Kepala Pos Gunung Api Dempo Pagaralam, Megian Nugraha mengatakan, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah selatan dan barat daya.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi sekitar 3 menit 24 detik," jelasnya, Rabu (26/7).

Baca juga: 1.959 Bencana Melanda Indonesia hingga Medio Juli 2023

Ia mengatakan saat ini Gunung Api Dempo berada pada status level II atau level Waspada. Karena itu pihaknya memberikan rekomendasi kepada masyarakat, pengunjung ataupun wisatawan tidak mendekati dan bermalam di pusat aktivitas kawah Marapi Gunung Api Dempo dalam radius 1 kilometer.

Selain itu juga diharapkan masyarakat tidak berada di arah bukaan kawah sejauh 2 kilometer ke sektor utara. Hal itu lantaran kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan.

Baca juga: ujuh Desa di Aceh barat Terendam Banjir

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Pagaralam, AKBP Erwin Irawan membenarkan bahwa Gunung Api Dempo sudah mengalami erupsi.

"Sejauh ini tidak ada efeknya ke kota. Hanya saja, kami mengimbau agar masyarakat menjaga jarak radius 1-2 kilometer dari kawah gunung," kata dia.

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat ataupun wisatawan untuk tidak melakukan pendakian sementara waktu.

"Kita mengantisipasi hal yang tak diinginkan, jadi diharapkan tidak melakukan pendakian dan menjauhi kawah merapi," pungkasnya.

(Z-9)