Fadli Zon Ingin Jadikan ASEAN sebagai Epicentrum of Growth

Penulis: Media Indonesia Pada: Jumat, 04 Agu 2023, 10:04 WIB DPR
Fadli Zon Ingin Jadikan ASEAN sebagai Epicentrum of Growth

Ist/Twitter@fadlizon
Ketua BKSAP (Badan Kerja Sama Antar-Parlemen) DPR RI Fadli Zon.

DPR RI menjadi tuan rumah sidang AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly), hal ini menjadi kebangaan karena ini merupakan momen yang sangat langka yaitu 10 tahun sekali.

Indonesia telah menjadi tuan rumah Sidang AIPA sebanyak 6 kali. Sekarang ini merupakan kali ke-7. Lebih dari itu, keketuaan ini juga merupakan sebuah kehormatan dan sekaligus tanggungjawab Indonesia untuk bersama-sama mendorong penguatan parlemen bagi penyelesaian berbagai persoalan kawasan.

Karena bagaimanapun juga, keketuaan Indonesia di ASEAN dan AIPA dihadapkan pada berbagai tantangan regional yang kompleks.

Baca juga: Indonesia Inisiasi Peta Jalan Transformasi Digital Sistem Pendidikan di ASEAN

Ketua BKSAP (Badan Kerja Sama Antar-Parlemen) DPR RI Fadli Zon mengungkapkan, pada sidang AIPA kali ini Indonesia sebagai tuan rumah akan berupaya menggalang dukungan dari para anggota ASEAN menjadikan kawasan Epicentrum of Growth.

"Kita ingin menjadikan kawasan ASEAN sebagai epicentrum of growth, dengan jumlah penduduk lebih dari 600 juta di kawasan ASEAN, ini jauh melampaui Uni Eropa," ungkap Fadli di acara Detik Pagi Spesial Episode 100, di Jakarta, Kamis (3/8).

Baca juga: Pertemuan Gubernur Ibu Kota Se-ASEAN Hasilkan Deklarasi Bersama, Ini Isinya

Menurut Fadli, kawasan ASEAN menjadi perhatian banyak pihak, karena kaya potensi. "Kita menjadi satu alternatif kawasan yang cukup besar pasarnya," jelasnya.

Baca juga: ASEAN-Jepang Luncurkan Kemitraan Bidang Inovasi dan Keberlanjutan

"Potensi dan bonus demografinya. Makanya dilirik oleh semua pihak, oleh Eropa, Amerika, Cina, Jepang, dan masih banyak lagi," ujar Fadli.

Dengan menjadi tuan rumah diharapkan Indonesia berperan di kawasan ASEAN dan juga kawasan Asia-Pasifik. Secara populasi, penduduk Indonesia telah mencapai 41,36% dari total penduduk negara-negara ASEAN.

Dari faktor sejarah, Indonesia juga merupakan founding member ASEAN. Artinya, peran Indonesia di kawasan sangat sentral dan terobosan-terobosannya telah dinanti banyak pihak. (RO/S-4)