Puan Minta Jaga Kawasan ASEAN Kondusif Demi Masyarakat Maju dan Sejahtera

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 09 Agu 2023, 10:03 WIB DPR
Puan Minta Jaga Kawasan ASEAN Kondusif Demi Masyarakat Maju dan Sejahtera

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani saat membuka acara Sidang Umum AIPA ke-44 di Jakarta, pada Senin (7/8).

KETUA DPR RI Puan Maharani menilai anggota parlemen negara-negara Asia Tenggara (AIPA) menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam menangani berbagai permasalahan global.

Menurut Puan, saat ini merupakan kesempatan bagi parlemen untuk menjawab tantangan secara bersama-sama, khususnya saat ASEAN yang sedang menghadapi berbagai krisis multidimensi. Dia pun mengajak negara anggota ASEAN untuk menjaga Asia Tenggara yang kondusif.

"Marilah kita bekerja sama menjaga Asia Tenggara yang kondusif untuk mewujudkan kehidupan masyarakatnya yang tentram maju dan sejahtera" papar Puan saat membuka acara Sidang Umum ke-44 'ASEAN Inter-Parliamentary Assembly' (AIPA) di Jakarta, pada Senin (7/8/).

Baca juga: Komite Sosial AIPA Sepakati Tiga Draf Resolusi untuk ASEAN yang Stabil dan Sejahtera

Forum Internasional ini bertemakan 'Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN' sebagai bentuk komitmen bersama untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara.

Puan mengungkapkan, parlemen anggota AIPA harus dapat menjadi contoh dalam penanganan berbagai permasalahan di kawasan. Sehingga permasalahan di Asia Tenggara dapat diselesaikan oleh negara-negara di kawasan.

"Kita perlu mempertahankan ASEAN Centrality," kata Puan.

Baca juga: Puan Ajak Parlemen ASEAN Ciptakan Lingkungan Responsif Gender

Dia mengungkapkan bahwa Sidang Umum AIPA ke-44 menjadi kesempatan bagi parlemen Asia Tenggara dalam menghadapi sejumlah tantangan. Puan menjelaskan, tantangan tersebut seperti defisit perdamaian, defisit pembangunan serta defisit iklim.

Hadapi Berbagai Krisis Multidimensi

"Saat ini kita sedang menghadapi berbagai krisis multidimensi, baik terkait meningkatnya ketegangan geopolitik di Asia Tenggara, perlambatan ekonomi global, ataupun meningkatnya pemanasan global," ujarnya.

Baca juga: Delegasi DPR RI Ajukan Empat Saran Penguatan Peran AIPA

Sidang Umum AIPA ke-44 merupakan salah satu puncak keketuaan DPR RI di AIPA  menyusul Presidensi DPR sebagai Ketua AIPA tahun 2023, sejalan dengan keketuaan Indonesia di ASEAN.

Presiden Joko Widodo membuka Sidang AIPA ke-44 yang digelar di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta Pusat.

Puan Maharani juga meresmikan pembukaan Sidang Umum ke-44 AIPA bersama Sekretaris Jenderal AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman. Jokowi bersama Puan dan Siti menekan tombol tanda dibukanya Sidang Umum ke-44 AIPA. (RO/S-4)