Peringati HUT ke-78 RI, DPR Berkomitmen Wakili Kepentingan Rakyat

Penulis: Media Indonesia Pada: Jumat, 18 Agu 2023, 10:13 WIB DPR
Peringati HUT ke-78 RI, DPR Berkomitmen Wakili Kepentingan Rakyat

Ist/DPR
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

MEMPERINGATI Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, DPR RI sebagai wakil rakyat berkomitmen untuk terus berkomitmen menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, dengan integritas dan ketulusan, DPR berupaya untuk mewakili kepentingan rakyat dan bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan visi Indonesia yang lebih baik.

“DPR RI berkomitmen untuk terus melangkah maju, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, memperkuat demokrasi, dan menjaga keutuhan NKRI,” ujar politikus dari Partai Gerindra pada Kamis (17/8).

Baca juga: Puan Maharani Ajak Ciptakan Harmoni Menuju Indonesia Lebih Maju

Diketahui, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023-2024, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengungkapkan dari sisi legislasi, DPR RI Periode 2019-2024 telah berhasil mengeluarkan sebanyak 64 undang-undang (UU).

Puan juga memastikan akan menuntaskan setiap pembahasan RUU secara optimal dengan memperhatikan landasan konstitusional, aspek sosiologis, ekonomi, politik, dan juga aspirasi rakyat.

Baca juga: Komisi IV DPR Segera Bentuk Tim Panja Atasi Masalah Polusi Udara

Adapun produk legislasi yang telah dilahirkan DPR bersama Pemerintah adalah Komisi I DPR sebanyak 6 Undang-Undang (UU), Komisi II DPR sebanyak 26 UU, Komisi III DPR sebanyak 6 UU, Komisi V DPR sebanyak 1 UU, Komisi VI DPR mengeluarkan 5 UU dan Komisi VII DPR menghasilakan 1 Undang-undang, sedangkan Komisi IX DPR mengeluarkan 1 UU, Komisi X DPR menghasikan 2 UU, serta Komisi XI DPR menghasilkan 5 Undang-Undang.

Sementara itu Badan Legislasi (Baleg) DPR menghasilkan 7 Undang-Undang, Badan Anggaran (Banggar) DPR 1 UU selain Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, serta Panitia Khusus (Pansus) DPR menghasilkan 3 UU. (RO/S-4)