DPR: Perlu Naikkan Gaji Pegawai Kemenlu yang ditempatkan di Luar Negeri

Penulis: Media Indonesia Pada: Jumat, 01 Sep 2023, 10:36 WIB DPR
DPR: Perlu Naikkan Gaji Pegawai Kemenlu yang ditempatkan di Luar Negeri

Ist/DPR
Anggota Komisi I DPR RI Mukhlis Basri.

ANGGOTA Komisi I DPR RI Mukhlis Basri menilai, untuk harga dasar tunjangan luar negeri (ATDLN), homestay masih menjadi masalah yang dirasakan oleh pegawai Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang ditempatkan di luar negeri. Ia berharap adanya peningkatan gaji dan take home pay untuk pegawai setempat atau lokal staf yang bekerja di luar negeri.

"Jadi ini yang beberapa kali saya langsung di ya mereka tidak mau sebutkan nama. Tolong Pak nama saya jangan disebut-sebut ya karena kalau maaf artinya kalau untuk tingkat eselon satu eselon dua itu sejahtera," jelasnya.

"Kalau untuk pejabat-pejabat ini. Tapi kalau kami ini saat ini dengan kondisi yang ekonomi saat ini, kami tolong betul pak, tolong disampaikan," terang Mukhlis dalam Rapat Kerja Komisi I Bersama Kementerian Luar Negeri dengan agenda pembahasan RKA di Senayan, Jakarta, Kamis (31/8).

Baca juga: Viral Aksi Walk Out RI di KTT Melanesia Vanuatu, Pengamat: Tunjukkan Posisi Tegas Indonesia

Dijelaskan sebelumnya bahwa Menlu Retno Marsudi mengajukan anggaran pada tahun 2024 ini sebesar 16 triliun lebih dan disetujui Rp8,2 triliun.. Retno beserta jajaran kembali berjuang dan disetujui dengan tambahan menjadi Rp8,5 triliun. sehingga Mukhlis mengaku prihatin akan kondisi tersebut.

Baca juga: Kemenlu: Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Kebakaran di Yunani

Mukhlis melanjutkan, keberhasilan Menlu sebagai jajaran tidak lepas daripada dukungan daripada staf juga. Maka dari itu, dirinya menyampaikan amanah tersebut kepada Menlu.

"Saya kira itu saja bu yang dapat saya sampaikan. Pada kesempatan kali ini sekali lagi ini saya menyampaikan titipan amanah, dan ini juga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi Sumber Daya Manusia yang ada di Kementerian Luar Negeri," tutupnya. (RO/S-4)