Andreas Hugo Tegaskan Inovasi Perpustakaan Digital Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Penulis: Media Indonesia Pada: Sabtu, 23 Sep 2023, 23:32 WIB DPR
Andreas Hugo Tegaskan Inovasi Perpustakaan Digital Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

DPR/IST
Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira

ANGGOTA Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira menegaskan perpustakaan berperan penting sebagai motor pengembangan literasi di masyarakat. Karena itu, menurutnya, penting untuk menghadirkan perpustakaan-perpustakaan bersifat digital untuk menunjang kemudahan sehingga meningkatkan minat baca masyarakat ke depannya. 

“Inovasi perpustakaan digital ini dapat menjadi destinasi penguatan literasi yang menarik, tidak hanya untuk anak muda, melainkan bagi seluruh elemen masyarakat,” ujar Andreas saat Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi X di Pendopo Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Jumat (22/9).

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini menjelaskan perkembangan literasi, khususnya baca tulis di Kabupaten Garut, terus meningkat setiap tahun. Hal ini dilihat dari capaian nilai kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).

Baca juga: Perpustakaan Bisa Berperan dalam Perubahan Sosial dan Ekonomi

“Dari hasil diskusi dengan beberapa penggiat literasi tadi, kita bisa melihat kenaikan minat baca tulis masyarakat di Kabupaten Garut terus meningkat. Disimpulkan bahwa pada tahun 2022 mencapai nilai 18,41 poin, dari tahun sebelumnya yakni sebesar 15,08 poin,” tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa hal penting yang perlu dikembangkan, seperti membangun perpustakaan digital. Dengan ini, masyarakat tidak perlu datang ke perpustakaan untuk mendapat sumber informasi bahan bacaan.

“Inovasi perpustakaan digital, bukti nyata transformasi layanan digital yang cocok untuk anak muda sekarang. Melihat minatnya yang cenderung suka menggunakan smartphone, inovasi ini hadir dan berkonsep untuk lebih memahami kebiasaan serta kebutuhan, karena dapat dijangkau dimanapun tanpa kapanpun,” tutupnya. (RO/S-3)