Tingkatkan Pelayanan, Komisi VIII DPR Tinjau Persiapan Haji 2024 di Kanwil Kota Depok

Penulis: Media Indonesia Pada: Sabtu, 02 Des 2023, 15:40 WIB DPR
Tingkatkan Pelayanan, Komisi VIII DPR Tinjau Persiapan Haji 2024 di Kanwil Kota Depok

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka.

TIM Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Komisi VIII DPR RI melakukan peninjauan terkait persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kota Depok, Jawa Barat.

Peninjauan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan dedikasi, kualitas, serta pelayanan kepada jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci tahun depan.

Dalam Kunsfik yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka tersebut, Komisi VIII DPR RI turut menerima sejumlah masukan terkait hambatan atau kendala yang dihadapi.

Baca juga: Kemenag Mulai Siapkan Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M

Hal itu guna meningkatkan kualitas layanan baik mulai dari keberangkatan asal jemaah, baik saat di embarkasi maupun saat kepulangan jemaah.

"Ada beberapa persoalan yang kemudian tersampaikan, di antaranya yaitu terkait data baru dalam daftar antrean haji, kemudian kebutuhan perlengkapan dalam perekaman visa, kapasitas pesawat, dan juga pelayanan komposisi petugas haji," jelas Diah  usai memimpin Kunsfik Komisi VIII DPR RI, di Kanwil Kemenag kota Depok, provinsi Jawa Barat, Jumat (01/12/2023).

"Kita ingin melihat persiapan pemberangkatan haji di 2024 yang tentunya sudah dimulai dari sekarang termasuk juga persiapan distribusi kuota hajinya," tutur Diah.

Lebih lanjut, politikus Fraksi PDI-Perjuangan itu berharap agar ke depan penyelenggaraan ibadah haji dapat terlaksana dengan lebih baik, efisien, serta diharapkan berperan terhadap peningkatan ekonomi di Indonesia.

Baca juga: Kemenag Susun Pedoman Baru soal Pengelolaan Dam Haji

"Kurang lebih haji dan umrah di Indonesia itu dalam satu tahun sumbangan pendapatan untuk ke Arab saudi sebesar 100 Trilliun (rupiah). Ini tentu jumlah yang besar dan ini merupakan dana masyarakat. Jadi melalui ekosistem ekonomi haji dan umrah di Indonesia insyaAllah akan membantu neraca perdagangan antara Indonesia dengan Arab Saudi," imbuh Diah.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kota Depok Ali Abdul Latief dalam laporannya menyampaikan, dalam pelaksanaan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024 di Kota Depok.

Kanwil Kemenag Kota Depok telah menyiapkan petugas-petugas haji yang andal dan profesional serta siap mengabdi dan memberikan pelayanan maksimal baik pelayanan saat di dalam negeri maupun pada saat di Arab Saudi.

Baca juga: YLKI: Penetapan BPIH Masih Terlalu Mahal dan Beratkan Jemaah Haji

"Kami menyiapkan petugas-petugas haji yang sudah diseleksi personality-nya untuk siap memahami dan sigap melayani berbagai kondisi dan situasi para jemaah haji,: ucap Diah.

"Tidak lupa juga kita berkoordinasi dengan petugas kesehatan, karena bagaimanapun kerja tim menjadi hal utama, kita siapkan petugas haji yang mau bekerja betul-betul tidak merasa risih terhadap kondisi berbagai keluhan jemaah haji," imbuhnya.

Untuk diketahui Komisi VIII DPR bersama Kementerian Agama RI saat ini telah menyepakati besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1445 H/2024 M per jemaah untuk jemaah haji reguler sebesar Rp93.410.286.

Penyelenggaraan Ibadah Haji adalah tanggung jawab negara yang dilaksanakan oleh pemerintah. Kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji sangat bergantung pada kesungguhan, dedikasi, dan profesionalitas di kalangan petugas haji. (RO/S-4)