DPR Minta Langkah Konkret Polda Sumut Berantas Narkoba dan Penguatan BNNP

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 13 Des 2023, 10:22 WIB DPR
DPR Minta Langkah Konkret Polda Sumut Berantas Narkoba dan Penguatan BNNP

Ist/DPR
Anggota Komisi III DPR RI Santoso.

ANGGOTA Komisi III DPR RI Santoso meminta langkah konkret Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) dalam memberantas penualahgunaan narkoba. Ia juga meminta penguatan Badan Narkota Nasional Provinsi (BNNP) Sumut.

"Disampaikan Kapolda bahwa Sumut dalam sisi jumlah penduduk adalah bagian dari lima besar di Indonesia dan penggunaan narkobanya cukup masif," kata Santoso.

"Kami berharap dalam kunjungan ini ada upaya konkret dari Polda Sumut dalam melakukan penanggulangan penyalahgunaan narkoba," ujar Santoso.

Baca juga: 75 Pemakai dan Bandar Narkoba Digulung Polda Sumut

Pernyataan Santoso disampaikan saat  melelakukan Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI ke Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (12/12/2023).

Menurut Santoso, penyalahgunaan narkoba berimplikasi dengan angka kriminalitas. Ia pun berpesan ke Kapolda Sumut untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba.

Di sisi lain, Ia mengkritik kinerja Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut. Badan tersebut menurutnya belum bekerja maksimal. Terutama kata dia dalam hal berkolaborasi dengan lembaga penindak hukum yang ada untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah Sumut.

Baca juga: Penggunaan Narkotika di Kalangan Mahasiswa Meningkat, BNN : Paling Banyak di Sumatra Utara

"BNN ini keadaannya seperti hidup segan mati tak mau, seperti bayi yang lahir tidak dikehendali orang tuanya. Kenapa? Lembaganya ada, tapi lumpuh dengan keterbatasan dana, personel yang juga sedikit dan sarana prasarana yang bahkan kantor saja masih menumpang," kata Santoso.

Ia sadar bahwa salah satu alasan kurang maksimalnya kinerja BNNP Sumut karena keterbatasan anggaran dan personel. Namun, itu seharusnya kata dia, hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan apa-apa. 

Ia mendorong BNNP Sumut agar lebih aktif berkolaborasi dengan berbagai lembaga penegak hukum di Sumut untuk memberantas peredaran narkoba.

Baca juga: Beli Ganja Lewat Media Sosial, Mahasiswa Ditangkap

"Kami berharap agar BNNP Provinsi Sumut atau di wilayah Kabupaten/Kota sekitarnya dikuatkan. Bukan hanya dalam hal personelnya, tapi juga dalam hal anggaran," pungkasnya. 

Asal tahu saja, Sumut adalah salah satu provinsi yang menjadi prioritas Presiden RI, Joko Widodo dalam pemberantasan narkoba. Berdasarkan pemberitaan di media massa, setidaknya ada 1 juta lebih pengguna zat berbahaya tersebut di provinsi ini. (RO/S-4)