Demer Linggih Komisi VI Sosialisasikan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan kepada Generasi Muda Bali 

Penulis: Gana Buana Pada: Senin, 18 Mar 2024, 19:00 WIB DPR
Demer Linggih Komisi VI Sosialisasikan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan kepada Generasi Muda Bali 

DPR RI
Anggota Komisi VI DPR RI, Demer menegaskan dukungannya terhadap implementasi Empat Pilar Kebangsaan, terutama bagi generasi muda

GDE Sumarjaya Linggih, yang lebih dikenal sebagai Demer, memberikan pidato dan arahan kepada siswa-siswi SMK Kesehatan PGRI Denpasar tentang pentingnya Empat Pilar Kebangsaan. Ini dilakukan dalam acara seminar atau sosialisasi daring melalui platform Zoom.

Sebagai seorang Anggota Komisi VI DPR RI, Demer menegaskan dukungannya terhadap implementasi Empat Pilar Kebangsaan, terutama bagi generasi muda. Empat Pilar Kebangsaan tersebut meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Indonesia diprediksi akan menjadi negara maju peringkat ke-7 bahkan ke-5 di dunia pada tahun 2030 oleh lembaga riset internasional McKinsey Institute, karena kekuatan, persatuan, dan kesatuan kita. Sebagai generasi muda, hal ini adalah sesuatu yang perlu kita jaga dan wujudkan di masa depan," kata Damer.

Baca juga : Media Sosial Jadi Marketplace, Komisi VI DPR: Perlu Regulasi yang Jelas

Selain itu, Anggota Komisi VI dari Bali ini juga meminta agar setiap siswa-siswi SMK Kesehatan PGRI Denpasar mampu mengapresiasi kebhinekaan (keragaman) yang ada di Indonesia. Karena itulah yang membuat negara kita semakin kuat. 

Menurut Demer ada empat hal utama yang dapat dimulai sejak dini yaitu Learning: proses belajar dan menimba ilmu  sebanyak-banyaknya secara konsisten; Observing mengamati atau memperhatikan secara saksama juga cermat akan arahan maupun pengalaman orang yang lebih senior; Experiencing: pengalaman diperoleh sembari mempraktikan pembelajaran (bekerja); Monitoring: membagikan pengalaman atau ilmu yang telah didapat selama bekerja dan belajar. 

Di samping itu, Demer juga mendukung adanya digitalisasi dan transformasi dalam berbagai bidang, khususnya implementasi digital pasar yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bali. Demer mengatakan bahwa melalui digitalisasi, kegiatan jual-beli (pasar) dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. 
Acara sosialisasi ini turut dihadiri oleh Leo Agung selaku narasumber dari perwakilan e-commerce Bali. 

Baca juga : Komisi XI DPR Harap Akurindo Dapat Jadi Wadah Perjuangan Ekonomi Rakyat

Pasar dapat menjadi potensi UMKM yang masif di Bali karena masyarakat diberikan kebebasan untuk bisa menjajakan dagangannya secara daring. Sementara, dari sisi pembeli tidak harus pergi ke pasar secara rutin untuk membeli kebutuhan sehari-hari karena bisa membeli melalui platform digital.

Melalui implementasi digitalisasi pasar, Demer sebagai Anggota Komisi VI DPR RI berharap siswa-siswi SMK Kesehatan PGRI Denpasar dapat menjadi generasi muda yang taat akan Empat Pilar Kebangsaan, serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mampu memperdalam pengetahuannya untuk beroleh pengalaman dalam bekerja dan berusaha.

"UMKM meski kecil tapi berperan penting dalam perekonomian nasional terutama di Bali, serta dapat dilakukan oleh siapapun" tukasnya. (Z-10)