DPR Punya Rumah Qur’an Baiturrahman

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 20 Mar 2024, 10:55 WIB DPR
DPR Punya Rumah Qur’an Baiturrahman

DPR
Kompleks DPR di Senayan, Jakarta, kini memiliki fasilitas baru yang disebut Rumah Qur’an Baiturrahman.

KOMPLEKS DPR di Senayan, Jakarta, memiliki fasilitas baru Rumah Qur’an Baiturrahman. Fasilitas ini memberikan kemudahan bagi semua pihak yang bekerja di lingkungan kompleks parlemen untuk mengkaji dan mendalami kitab suci Al-Qur’an. Lebih jauh, menurut anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti, Rumah Qur’an diharapkan dapat meningkatkan religiositas, membangun keseimbangan dalam hidup.

“Kita berharap bahwa ini (budaya membaca Al-Qur’an) berjalan dengan baik, dan kinerja mereka (pegawai) itu nanti sesuai dengan tingkat religiositas mereka. Bahwa ke depan orang makin akan mencari keseimbangan, tidak hanya sekadar mengejar materialnya, tapi juga ada keseimbangan karena ada pemahaman yang makin baik. Dengan ajaran (agama) itu maka pemahaman agamanya makin baik, tidak parsial, jadi akan holistik memahami itu, tidak sepotong-sepotong. Saya mengapresiasi kehadiran Rumah Qur’an,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan Jateng IV itu seusai peresmian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3). 

Kehadiran Rumah Qur’an Baiturrahman ini merupakan inisiasi dari Unit Pengumpul Zakat Setjen DPR RI. Organisasi yang dibentuk melalui SK Baznas RI Nomor 34 Tahun 2023 bertugas untuk membantu Baznas dalam mengumpulkan zakat yang disampaikan sukarela baik oleh anggota DPR maupun pegawai kesetjenan dan kemudian menyalurkan kepada yang berhak. 

Baca juga : LAZIS ASFA: Zakat Jadi Wasilah Penguatan SDM Bangsa

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengharapkan membaca Al-Qur’an dapat menjadi semacam budaya yang baik di lingkungan Setjen DPR RI. “Tentu kita memfasilitasi teman-teman yang ingin mendalami dan melancarkan baca Al-Qur’an mulai dari tingkat dasar, menengah, sampai tingkat atas. Kita fasilitasi dengan pengajar-pengajar yang sangat profesional. Jadi ke depan, Rumah Qur’an ini akan menjadi semacam wadah bagi siapa pun pegawai di sini yang ingin belajar Al-Qur’an. Dan, (membaca Al-Qur’an) itu akan kita jadikan budaya bagi pegawai,” ujar Indra yang memukul rebana sebagai tanda peresmian Rumah Qur’an Baiturrahman. 

Kegiatan peresmian itu merupakan rangkaian dari kegiatan Semarak Ramadhan di DPR RI dan Pembukaan MTQ III yang telah menjadi agenda tahunan Korps Pegawai Republik Indonesia - Korpri Unit Setjen DPR RI. Semarak Ramadhan di DPR RI ini diselenggarakan bersama oleh tiga instansi, yakni Korpri Setjen Unit DPR RI, MPR RI, dan DPD RI. 

Para pegawai yang terdiri dari ASN, tenaga ahli, staf administrasi anggota, dan karyawan lainnya di lingkungan Setjen DPR/MPR/DPD antusias untuk mengikuti sejumlah lomba, di antaranya tilawah dan tartil Al-Qur’an serta da’i dan da’iyah. Agenda lomba berlangsung sepanjang bulan Ramadan, di sela kesibukan dalam melaksanakan tugas di gedung parlemen. 

“Ini bagian dari upaya kita untuk terus-menerus menjaga akhlak kita umat Islam yang difasilitasi oleh Korpri dan DKM Baiturahman. Tentu MTQ ini tidak hanya diperlombakan, tapi bagaimana dalam kehidupan sehari-hari diejawantahkan dalam bersilaturahim, sesama pegawai, sesama pejabat juga, agar nilai-nilai yang ada di Al-Qur’an itu menjadi pedoman kita semua,” pungkas Sekjen DPR RI. (H-1)