Legislator Minta Pemerintah Antisipasi Berbagai Masalah Selama Mudik

Penulis: Theofilus Ifan Sucipto Pada: Jumat, 22 Mar 2024, 09:55 WIB DPR
Legislator Minta Pemerintah Antisipasi Berbagai Masalah Selama Mudik

Antara
Komisi V Muhammad Fauzi meminta Pemerintah mengantisipasi berbagai masalah selama mudik

ANGGOTA Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi meminta Pemerintah mengantisipasi berbagai masalah selama mudik mengingat tradisi tersebut sudah berlangsung dari tahun ke tahun.

"Setiap tahun kita melakukan mengevaluasi dan memperbaiki sehingga mudik itu diharapkan lebih baik," kata Fauzi dalam keterangan tertulis, Jumat (22/3).

Fauzi mengatakan fokus utamanya adalah masyarakat sebagai pemudik. Kemudian transportasi yang dipakai serta keamanan dan kenyamanannya.

Baca juga : Puncak Mudik Diperkirakan 8 April, Arus Balik 14 April

"Bicara transportasi, tentu pendekatannya masalah jalan berlubang di beberapa wilayah dan menjadi masalah bagi masyarakat," ujar politikus Partai Golkar itu.

Fauzi menyebut solusi masalah tersebut seharusnya bagaimana merawat kualitas jalan. Upaya membangun jalan baru dinilai mubazir bila tidak dirawat dengan baik.

"Kalau (biaya perawatan jalan) dialokasikan secara maksimal maka pembiayaannya akan lebih murah dibanding membuat jalan baru atau memperbaiki secara total," jelas dia.

Selain itu, Fauzi mengingatkan masalah truk over dimension overload (ODOL). Truk ODOL membawa barang melebihi kapasitas maksimal dari sisi berat dan dimensi.

"Sehingga menyebabkan banyak jalan-jalan menjadi hancur. Itu harus diperhatikan," tutur dia. (Z-3)