Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Disetujui DPR

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 19 Sep 2024, 15:46 WIB DPR
Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Disetujui DPR

Dok Instagram
Mees Hilgers.

TIMNAS Indonesia segera kedatangan dua pemain baru yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Permohonan kedua pemain keturunan tersebut untuk menjadi WNI disetujui DPR.

Proses naturalisasi Hilgers dan Reijnders dibahas dalam Rapat Paripurna DPR yang berlangsung Kamis (19/9). Sesuai hasil pembahasan sebelumnya di Komisi III dan Komisi X, parlemen memberikan persetujuan.

"Mekanisme selanjutnya akan diproses sesuai aturan yang berlaku," kata Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus yang memimpin rapat paripurna.

Baca juga : Ketua PSSI: Jangan Pertanyakan Nasionalisme Pemain Naturalisasi

Dua pemain tersebut diproyeksikan menambah kekuatan timnas yang sedang berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Permohonan status WNI Hilgers dan Reijnders kini tinggal diterbitkan surat keputusan presiden. Setelah itu, keduanya akan mengambil sumpah WNI dan mendapat paspor Indonesia.

Tahap berikutnya ialah perpindahan federasi diajukan oleh PSSI ke FIFA. Setelah rampung, keduanya resmi akan bisa berseragam Garuda.

PSSI menargetkan Hilgers dan Reijnders untuk bisa bergabung secepatnya. Pasalnya, timnas Indonesia akan kembali berlaga pada Oktober mendatang. Ada dua pertandingan lanjutan Ronde Ketiga Grup C yaitu di markas Bahrain pada 10 Oktober dan Tiongkok pada 15 Oktober.

Kedua pemain saat ini membela klub masing-masing di Eredivisie Belanda. Mess Hilgers bermain di FC Twente sedangkan Eliano Reijnders memperkuat PEC Zwolle. (Z-2)