BIN Diminta Jaga Netralitas

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 16 Okt 2024, 16:41 WIB DPR
BIN Diminta Jaga Netralitas

MGN
BIN juga diharapkan mampu melakukan koordinasi intelijen antar sesama lembaga yang tercantum dalam Undang-Undang Intelijen. 

KETUA Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berharap Badan Intelijen Negara (BIN) dapat terus menjaga netralitasnya. Hal ini disampaikan saat Ibas menghadiri uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra di ruang rapat Komisi I DPR.

"Harus memiliki komitmen terkait netralitas BIN dalam menjaga kekuasaan agar tidak menjurus ke ranah politik dan sipil, yang mana, BIN diharapkan tetap fokus terhadap peran dan fungsi utamanya, yaitu tugas demi keamanan bangsa dan negara," kata Ibas melalui keterangan tertulis, Rabu (16/10).

BIN juga diharapkan mampu melakukan koordinasi intelijen antar sesama lembaga yang tercantum dalam Undang-Undang Intelijen. Termasuk menjalankan kemampuan komunikasi yang efektif dan efisien.

Selain itu, BIN di bawah kepemimpinan Herindra mesti dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang akurat. Sehingga, tidak membahayakan kedaulatan negara.

“Kepala BIN nanti harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan tidak berdasarkan informasi yang salah karena dapat membahayakan keutuhan dan kedaulatan negara," ucap Ibas.

Wakil Ketua MPR itu yakin Herindra akan mampu menjaga kewenangan BIN. Lembaga itu bakal bertanggung jawab dan tidak menyalahgunakannya untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Saya yakin Pak Herindra bersahabat sehingga kewenangan BIN harus tetap dapat dipertanggungjawabkan, tidak disalahgunakan untuk kepentingan kelompok tertentu," pungkasnya. (Fah/I-2)