Puan Tegaskan Tidak Ada Penambahan Bangunan meski Komisi Bertambah

Penulis: Administrator Pada: Senin, 21 Okt 2024, 16:44 WIB DPR
Puan Tegaskan Tidak Ada Penambahan Bangunan meski Komisi Bertambah

Dok.MI
Ketua DPR RI Puan Maharani.

KETUA DPR RI Puan Maharani menegaskan tidak ada penambahan bangunan di Kompleks Parlemen Senayan meskipun jumlah komisi bertambah. 

 DPR RI baru saja selesai rapat konsultasi dengan para pimpinan fraksi dari delapan fraksi yang hadir, di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (21/10). 

Puan menyebut rapat itu untuk menetapkan, jumlah komisi dan alat kelengkapan dewan. Kemudian, kata Puan, jumlah pimpinan komisi-komisi dari semua fraksi yang ada. 

“Dan insya Allah kami akan umumkan setelah kemarin diumumkan kabinet dari pemerintahan atau kabinet merah putih dari presiden Prabowo,” tegas Puan. 

“Tentu saja kami kemudian menyelesaikan kemitra dari setiap komisi dan AKD untuk kemudian nantinya kami tetapkan besok di rapat paripurna yang akan dilakukan pada hari Selasa,” tambahnya. 

Puan menyebut tak ada penambahan bangunan meski komisi bertambah jadi 13 dari sebelumnya 11 komisi. 

“Enggak ada penambahan bangunan, tapi memang sudah disiapkan ruangan.

Ruangan yang sudah tersedia kita akan tempati untuk komisi 12 dan 13, jadi gak ada penambahan bangunan,” tuturnya. 

Puan menuturkan komisi baru ini meliputi  Energi, ESDM, sedangkan komisi 13 terdapat Hukum, Reformasi, dan HAM.  Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Golkar, Muhammad Sarmuji menyebut DPR telah menyetujui penambahan jumlah komisi menjadi 13 dari 11 komisi.

Jumlah komisi kita bahas, jumlah anggota per komisi kita bahas artinya ini kan untuk distribusi supaya merata,” ujar Sarmuji, Senin (14/10). 

“Jangan sampai ada yang menumpuk di masing-masing komisi itu juga kita bahas, jumlah pimpinan sudah kita bahas jadi sudah rampung semua tetapi nama-namanya belum karena masih menunggu nomenklatur yang resmi,” tambahnya. (H-3)