Bersepeda Aman di Malam Hari

Penulis: MI Pada: Minggu, 01 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Bersepeda Aman di Malam Hari
BANYAK orang menganggap bahwa bersepeda merupakan cara yang paling sehat untuk membakar kalori tanpa memberi beban terlalu banyak pada lutut dan kaki.Saat bersepeda, tulang dan persendian tidak harus menghadapi banyak stres, sadel menopang beban tubuh saat kalori dibakar.

Penelitian yang dilakukan di Purdue  University, Amerika Serikat, menunjukkan orang yang secara rutin bersepeda mengurangi kemungkinan mengalami penyakit jantung koroner hingga 50% karena menekan tingkat kolesterol dan tekanan darah ke ambang normal.

Saat bersepeda, otot di sepanjang lengan dan punggung membantu menopang setang dan otot kaki terus aktif mengayuh. Bersepeda juga bisa mengurangi tandatanda penuaan. Ini karena sirkulasi darah meningkat lalu pada gilirannya membantu tubuh membuang racun dan mengantar oksigen juga nutrisi secara efektif ke sel kulit.Manfaat lainnya ialah meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi hormon stres dari tubuh.

Belakangan, banyak yang memilih untuk bersepeda pada malam hari. Penting untuk diingat, diperlukan perlengkapan tambahan untuk menjaga keselamatan selama bersepeda malam hari.

Khusus malam hari, sebaiknya kenakan helm yang memiliki penanda yang memantulkan cahaya. Ini penting untuk dapat terlihat oleh kendaraan yang melintas. Kalau tidak ada, bisa tempelkan strap-on cahaya LED berwarna putih. Reflektor yang ada di sepeda, baik merah maupun kuning, juga penting.

Meski banyak yang tidak suka penampilannya, pertahankan reflektor demi keselamatan. Selain itu, tentunya diperlukan lampu untuk sepeda. Selanjutnya masih terkait keselamatan saat bersepeda malam hari, kenakan pakaian yang memantulkan cahaya sebagaimana reflektor. Baju berwarna cerah saja tidak cukup. (Zipheal/ LiveHealthy/Her/M-3)