Sumbangan Penyengat bagi Bahasa Indonesia

Penulis: Hera Khaerani Pada: Minggu, 08 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Sumbangan Penyengat bagi Bahasa Indonesia

MI/IMMANUEL ANTONIUS

Barang siapa tiada memegang agama
Sekali-sekali tiada boleh dibilangkan nama

Barang siapa mengenal yang empat
Maka yaitulah orang-orang yang makrifat

Barang siapa mengenal Allah
Suruh dan tegahnya tiada ia menyalah

Barang siapa mengenal diri
Maka telah mengenal akan Tuhan yang bahari

Barang siapa yang mengenal dunia
Tahulah ia barang yang teperdaya


LIMA
baris isi dari Gurindam Dua Belas, pasal pertama tersebut merupakan pembuka bagi karya Raja Ali Haji. Karya penyair tersohor yang dilahirkan di Pulau Penyengat pada 1808 tersebut menjadi awal dari banyak karya sastra Melayu yang nantinya berkembang menjadi bahasa Indonesia.

Ketika membicarakan bahasa Indonesia, mau tidak mau kita juga harus membicarakan bahasa Melayu sebagai sumber bahasa Indonesia yang dipergunakan saat ini.

Menurut Abdul Malik, Dekan FKIP, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, banyak karya sastra yang berasal dari Kepulauan Riau, khususnya Pulau Penyengat, yang memberikan andil besar bagi pembangunan bahasa Indonesia. Namun, ia menyayangkan banyak masyarakat di Indonesia kini tidak mengenal sumber yang benar dari bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.

Secara terpisah, kendati bahasa Melayu berjasa besar bagi pembangunan bahasa Indonesia, ahli sejarah bahasa Prof Dr Mahsun, MS, menegaskan bahwa bahasa Indonesia bukan bahasa Melayu. "Pada saat Sumpah Pemuda 1928 lalu, bahasa Melayu secara politik melahirkan bahasa Indonesia," tandasnya.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa itu tidak menampik bahwa pada mulanya memang bahasa daerah itu yang digunakan sebagai bahasa persatuan dan disebut sebagai bahasa Indonesia. Namun, ibarat ibu yang melahirkan anak, dalam perkembangannya anak itu pun lain dari ibunya. (Her/HK/M-5)