Hindari Rute Delegasi

Penulis: Beo/J-2 Pada: Minggu, 19 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
Hindari Rute Delegasi

DOKMI

POLDA Metro Jaya akan merekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan Ibu Kota selama peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) berlangsung di Jakarta.

Masyarakat diminta menghindari jalan yang akan dilalui para tamu undangan.

Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Warsinem mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan mulai Senin (20/4).

Jalur yang harus dihindari oleh masyarakat agar tidak terjadi kemacetan parah ialah Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto, Gerbang Pemuda, Jalan Pejompongan, dan kawasan SCBD.

Selain itu, ajang car free day di Jalan Sudirman-MH Thamrin pada hari ini juga ditiadakan karena merupakan jadwal kedatangan sejumlah tamu undangan dari beberapa negara.

Sebagian besar delegasi itu menginap di hotel sepajang ruas jalan itu.

Pada Senin, ujarnya, tamu undangan diperkirakan akan meninggalkan hotel untuk menuju tempat peringatan KAA di Jakarta Convention Center, Senayan, bersamaan dengan jam berangkat kerja masyarakat, yakni pukul 06.00-08.00 WIB.

"Saat itu akan diberlakukan penutupan arus di setiap persimpangan yang dilewati tamu undangan. Setiap beberapa menit, kendaraan warga dihentikan 20 meter dari garis putih traffic light. Penutupan arus itu sifatnya tentatif, mengingat jadwal acara tidak pasti," jelas Warsinem, kemarin.

Ia menyarankan masyarakat yang melewati jalur yang sama dengan para tamu undangan agar mencari jalan alternatif.

Menurut Warsinem, pada peringatan ke-60 KAA akan hadir 106 wakil negara dan 19 organisasi internasional untuk mengikuti konferensi yang berlangsung empat hari.

Selain di Jakarta, rangkaian acara peringatan KAA juga akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat.