Fahri Hamzah Harap Pimpinan KPK Bisa Perbaiki Sistem

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Senin, 08 Jul 2019, 17:52 WIB DPR
Fahri Hamzah Harap Pimpinan KPK Bisa Perbaiki Sistem

MI/Susanto
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

WAKIL Ketua DPR RI Fahri Hamzah berharap pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan dipilih  mampu memperbaiki sistem kelembagaan.

"Pandangan saya kan tidak pernah berubah, KPK itu enggak ada persoalan dengan figur-figur. Namun problemnya hanya di sistem konsepsi kelembagaannya yang harus diperbaiki. Makanya, siapapun jadi pimpinan KPK kalau mereka tidak paham akan terus terjebak dalam sistem yang ada," ungkap Fahri pada awak media baru-baru ini.

Dia menanggapi Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK yang telah menerima sebanyak 384 pendaftar hingga batas akhir pendaftaran pada akhir Juli 2019.

Fahri menegaskan sistem penanganan korupsi harus diperbaiki. Pencegahan dan pemberantasan korupsi akan jalan ditempat jika tidak ada perbaikan dalam internal KPK.

Baca juga: Banggar Setujui Postur RAPBN 2020

Tidak kalah penting adalah pemahaman pimpinan KPK pada Undang-Undang Pemberantasan Korupsi. "Makanya kalau nanti akan terpilih pimpinan KPK yang baru itu harus diajak debat soal konsep kalau tidak ya akan seperti itu-itu saja," tandasnya.

Lebih tegas lagi, Fahri beranggapan, meskipun pimpinan KPK silih berganti, namun jika tidak ada perbaikan konsep kelembagaan maka jangan harap lembaga KPK akan maju dan sukses dalam menjalankan sistem pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Kalau melihat KPK sekarang makin kacau dan (pimpinan KPK) tidak paham soal Undang-Undang KPK, biar seorang malaikat masuk pun akan jadi ‘setan’ juga karena mereka tidak paham. Jadi KPK itu harus dipikirkan ulang konsepnya, baru kita bicara orang-orangnya," kata Fahri.  (RO/X-15)