Yayasan Komunitas Cinta Kasih Gelar Operasi Katarak Gratis Di Flores Timur

Penulis: Fransiskus Gerardus Pada: Sabtu, 07 Mei 2022, 21:10 WIB DPR
Yayasan Komunitas Cinta Kasih Gelar Operasi Katarak Gratis Di Flores Timur

Metrotv/Franciscus Gerardus
Warga Antusias ikuti pemeriksaan di Aula Susteran PRR Lebao. Larantuka, Flores Timur, NTT.

YAYASAN Komunitas Cinta Kasih (KCK) Denpasar, Bali menjalin kerja sama dengan Jhon Fawcett Foundation Giving of Sight (Komunitas Kemanusiaan) menyelenggarakan operasi katarak gratis di Kabupaten Flores Timur, NTT, Sabtu (7/5). Kegiatan ini digelar dalam rangka merayakan ulang tahun ke-26 imamat RD Evensius Dewantoro Boli Daton di Flores Timur.

Tampak ribuan masyarakat Kota Larantuka dan sekitarnya termasuk Masyarakat Kabupaten Lembata sangat antusias hadir dan ikut mendukung pelaksanaan kegiatan ini serta melakukan pemeriksaan dan meperoleh pelayaan operasi Katarak. Berdasarkan Pantauan, sasaran pelaksanaan kegiatan ini ditujukan untuk semua masyarakat tanpa terkeculi.

Kegiatan untuk semua kalangan masyarakat ini dilaksanakan di Biara Pusat PRR (Konggregasi Putri Rehina Rosari) Lebao, Kelurahan Puken Tobi Wangibao Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur. Masyarakat Kota Larantuka dan sekitarnya termasuk Masyarakat Kabupaten Lembata antusias mengikuti aksi sosial ini.

Salah satu pasien katarak atas nama Siti Aminah, 80, warga Desa Wewit Kecamatan Adonara Tengah mengaku senang dengan kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, sakit katarak yang ia derita kurang lebih 3 tahun bisa sembuh.

Ketua Komunitas Cinta Kasih (KCK) Denpasar Helen Chindawan mengatakan pelaksanaan kegiatan kemanusiaan ini sebenarnya telah diagendakan sejak 2021. Namun saat itu tidak terlaksana oleh karena pandemi Covid-19. "Besar harapan kiranya dengan kegiatan ini masyarakat yang menderita sakit katarak dapat disembuhkan," jelasnya.

Ditambahkan Helen, pihaknya akan kembali menggelar operasi katarak gratis ini di seluruh wilayah NTT Flores daratan termasuk juga mensupport alat, bahan pakai untuk operasi, lensa, dan obat-obatan serta kaca mata. "Setelah dari Larantuka, Agustus nanti akan kembali digelar operasi katarak gratis di Manggarai, NTT dan Banyuwangi, Jawa timur," ujarnya. (OL-15)