Komisi V DPR Dorong Pembangunan Bendungan Mujur Tepat Waktu

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Sabtu, 02 Jul 2022, 09:01 WIB DPR
Komisi V DPR Dorong Pembangunan Bendungan Mujur Tepat Waktu

Ist/DPR
Wakil ketua komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

WAKIL Ketua komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan tujuan pihaknya melakukan kunjungan kerja spesifik kali ini, khusus ke Kabupaten Lombok Tengah dalam upaya mendorong pemerintah pusat dalam hal ini PUPR untuk segera dapat melakukan pembangunan bendungan mujur tepat waktu.

"Ada beberapa tahapan tahapan dalam proses pembangunan ini, saat ini pemerintah pusat sudah melakukan proses 'Land Acquisiting  Resettlement Action Plan' (LARAP) dan desain yang sudah ada di tahun 2015 yang lalu tinggal dilakukan review yang Insya Allah akan menjadi dasar dalam proses penganggaran kedepannya." Kata Andi Aras usai pertemuan dengan Bupati lombok tengah beserta jajaran kementerian PUPR, NTB, Kamis, (30/6).

Keberadaan bendungan menjadi sangat penting tidak saja untuk mendukung sektor pertanian tetapi juga pasokan air bersih untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Akan tetapi pembangunan bendungan yang berada dilombok tengah masih terkendala lahan meski proyek tersebut sudah direncanakan beberapa tahun lalu.

"Dari persoalan pembebasan lahan tadi ada beberapa, ada satu desa lagi yang sementara ini masih dilakukan tahap mediasi, kita tinggal mengharapkan bahwa permasalahan  permasalahan sosial yang selama ini timbul dari pemerintah daerah khususnya pemerintah kabupaten Lombok tengah sudah menyatakan komitmennya untuk dapat menyelesaikan permasalahan permasalahan sosial dalam arti pembebasan lahan," urai Andi Aras.

Baca juga: Puan: Tjahjo Sosok Menteri yang Sederhana

Proses pembangunan bendungan itu memakan waktu paling tidak 3 tahun sampai 5 tahun, lanjut Andi Aras menerangkan, berharap bahwa proses pembangunan itu dimulai  dan waktu tunggunya tidak lama lagi.

Jika lancar proses penganggaran  akan bisa terlaksana di tahun paling cepat di tahun 2023 dan ditahun 2024 sudah mulai pembangunan tahap awal minimal di wilayah tapak bendungannya.

"Harapan kita juga bendungan mujur ini bisa masuk kedalam program strategis nasional, Kami disini hadir dilombok ini sudah melakukan kunjungan kerja spesifik ke Lombok tentu sudah menjadi komitmen  besar kami untuk mempercepat pembangunan pekerjaan bendungan mujur ini bisa dilaksanakan," pungkasnya. (RO/OL-09)