Kunjungi Puskesmas Sota, Komisi IX DPR Akan Perjuangkan Nakes Daerah Perbatasan

Penulis: Mediaindonesia.com Pada: Sabtu, 18 Feb 2023, 09:04 WIB DPR
Kunjungi Puskesmas Sota, Komisi IX DPR Akan Perjuangkan Nakes Daerah Perbatasan

Dok.DPR RI
Kunjungan Komisi IX DPr ke Puskesmas Sora, Papua Selatan

WAKIL Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena memberikan apresiasi atas layanan yang diberikan oleh Puskesmas Sota, Merauke, Papua Selatan yang tidak hanya memberikan layanan kesehatan terhadap masyarakat Indonesia saja namun juga memberikan layanan terhadap masyarakat Papua Nugini yang mengalami berbagai permasalahan kesehatan di daerah perbatasan.

“Tentunya dengan pekerjaan mereka yang ekstra semacam ini, mengurus berbagai hal yang juga ternyata bukan cuma dari dana yang ada, tapi juga menyita energi dan biaya yang mereka miliki sendiri. Tentunya kami akan membahas  dengan Kemenkes untuk mencari apakah ada semacam sebuah insentif atau penghargaan kepada teman-teman nakes yang bekerja di daerah perbatasan negara seperti di Puskesmas Sota ini,” ungkap  Melkiades, usai mengunjungi Puskesmas Sota, Merauke, Papua Selatan, Jumat (17/2)

“Apa yang yang sudah mereka kerjakan ini juga kemudian bisa mendapatkan sebuah penghargaan (reward) dari negara. Tentunya ini akan kita carikan mekanismenya, regulasinya yang tepat sehingga nanti bisa memenuhi aspirasi yang disampaikan Nakes yang ada di Puskesmas Sota.” ungkapnya.

Sementara terkait fasilitas kesehatan yang ada di Puskesmas Sota, Melkiades sampaikan bahwa akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat seperti salah satunya Lab Ultrasonography (USG) yang akan berguna Nakes dalam memeriksa perkembangan janin yang diakndung oleh ibu hamil tersebut.

Baca juga : Program Beasiswa PIP Perlu Makin Masif Disosialisasikan

l“Memang USG ini rencananya akan diberikan kepada seluruh Puskesmas di Indonesia, termasuk yang di Sota ini. Memang ini soal waktu saja, tapi tahun ini dipastikan pasti akan terkirim ke berbagai Puskesmas termasukPuskesmas Sota,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi menyampaikan, sangat sulit mencari tenaga kesehatan (Nakes) yang mau ditempatkan di daerah perbatasan seperti di Puskesmas Sota yang berbatasan langsung antara Indonesia-Papua Nugini. 

“Kita apresiasi mereka (Nakes) yang mau ditempatkan di daerah perbatasan ini, kesejahteraan mereka juga harus lebih diperhatikan agar mereka juga bisa nyaman dalam memberikan pelayanan,” tutup Nurhadi. (RO/OL-7)