Komisi IX DPR Dorong Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Papua Selatan

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Selasa, 21 Feb 2023, 09:24 WIB DPR
Komisi IX DPR Dorong Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Papua Selatan

Ist/DPR
Wakil ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena.

Wakil ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena sampaikan bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat, terutama ketika sedang sakit.

Hal tersebut disampaikan saat Sosialisasi Program JKN-KIS bersama BPJS Kesehatan, di Merauke, Provinsi Papua Selatan, Sabtu (18/2).

Kegiatan sosialiasi tersebut dihadiri peserta yang berasal dari berbagai paguyuban daerah seluruh Indonesia dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan kemahasiswaan yang ada di Merauke, Papua Selatan.

“Peserta sangat antusias dan terlibat aktif dalam diskusi, termasuk menanyakan dan melaporkan berbagai kondisi lapangan pelayanan kesehatan,” ungkap Melkiades.

Baca juga: BPJS Kesehatan Dukung Deteksi Dini 14 Penyakit Dibiayai JKN

Menurutnya, temuan lapangan ini penting bagi Komisi IX DPR RI untuk menyampaikan dan membahas bersama BPJS Kesehatan dan para pihak lainnya untuk menyempurnakan implementasi JKN KIS di daerah-daerah.

Selain meningkatkan kepesertaan, Komisi IX juga akan mendorong peningkatan layanan kesehatan di setiap fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia.

“Catatan dari berbagai kalangan adalah adanya perluasan ataupun peningkatan kepesertaan JKN-KIS harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan kesehatan yang dibuat di Puskesmas, di rumah sakit, klinik, dan sebagainya,” ujar politikus Fraksi Partai Golkar ini.

Lebih lanjut, Melkiades sampaikan bahwa peningkatan yang diharapkan oleh masyarakat, di antaranya yaitu penambahan dokter-dokter spesialis hingga alat-alat kesehatan yang memadai. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke Rumah Sakit di luar daerah untuk mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal.

Karena itu, ia berkomitmen bahwa Komisi IX DPR  akan terus mendorong agar dua isu krusial tersebut harus tersambung dengan bagaimana pemenuhan tenaga kesehatan yang memadai.

Komisi IX DPR, tambahnya, akan terus mendorong adanya dokter yang betul ada di berbagai puskesmas dan tentunya di rumah sakit. 

“Kemudian bagaimana penyediaan alat kesehatan dan obat-obatan juga harus dipersiapkan juga untuk memenuhi layanan kesehatan yang ada di Merauke dan sekitarnya. Itu akan menjadi tugas kami untuk mendorong agar pemerintah pusat, kementerian kesehatan dan juga mungkin dari BPJS Kesehatan dari tingkat pusat juga untuk memberikan atensi bagi daerah-daerah di ujung negeri seperti di Merauke,” tutupnya. (RO/OL-09)