DPR Dorong Pemerintah Berikan Klarifikasi Terkait Kejelasan Status Mobil Esemka

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Rabu, 22 Feb 2023, 09:49 WIB DPR
DPR Dorong Pemerintah Berikan Klarifikasi Terkait Kejelasan Status Mobil Esemka

Ist/DPR
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto.

ANGGOTA Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta pemerintah memberikan penjelasan tentang status pembuat Mobil Esemka, menyusul beredarnya kabar bahwa mobil Esemka buatan Tiongkok.

Menurut Mulyanto, klarifikasi mengenai hal ini penting mengingat Mobil Esemka sebelumnya digadang-gadang sebagai mobil nasional buatan anak bangsa.

Politikus Fraksi PKS ini juga mengusulkan agar Komisi VII DPR RI meminta keterangan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan produsen Esemka terkait masalah ini.

Menurutnya, penetapan status produksi Mobil Esemka ini sangat penting karena berdampak pada banyak hal. Salah satunya, terkait rencana Pemerintah memberikan subsidi pembelian kendaraan listrik.

“Bila mobil Esemka memang produksi dalam negeri maka kita angkat topi. Tapi kalau mobil Esemka ternyata bukan produksi dalam negeri sebagaimana diberitakan maka secara moral dan politik Jokowi harus bertanggung jawab,” ujar Mulyanto dalam keterangan tertulis, Senin, (20/2).

Baca juga: Prototipe Mobil Listrik ESEMKA Ikut Warnai Panggung IIMS 2023

Mulyanto mengaku prihatin dengan politisasi mobil Esemka ini. Menurutnya, tidak sepatutnya isu ini dibiarkan tanpa kejelasan karena berpotensi membodohi masyarakat. Oleh karena itu ia minta DPR mendorong agar masalah ini menjadi jelas.

“Saya pikir mobil Esemka ini dikirim dari alam gaib karena selama ini tidak jelas perkembangannya. Mereka muncul hanya di tahun politik menjelang pemilu. Setelah bertahun-tahun dicari ternyata baru sekarang diketahui kalau Esemka buatan China,” tutupnya. (RO/OL-09)