Hadapi Pemilu 2024, KAHMI Berencana Uji Visi dan Misi Capres dan Cawapres

Penulis: Media Indonesia Pada: Jumat, 22 Sep 2023, 13:46 WIB DPR
Hadapi Pemilu 2024, KAHMI Berencana Uji Visi dan Misi Capres dan Cawapres

Ist
Perayaan HUT ke-57 KAHMI di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, pada Kamis (21/9).

PADA hari ulang tahun ke-57, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengadakan acara resepsi perayaan HUT dengan mengusung tema “57 Tahun Berkhidmat Untuk Kemajuan Bangsa”.

Acara tersebut HUT ke-57 KAHMI diadakan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, pada Kamis (21/9).

Beberapa tokoh penting KAHMI hadir dalam acara tersebut antara lain, Tokoh HMI Akbar Tanjung yang merupakan Ketua Dewan Penasihat MN KAHMI, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia yang merupakan Koorndinator Presidium Majelis Nasional (MN) KAHMI, Hamdan Zoelva yang merupakan Sekretaris Dewan Etik MN KAHMI,.

Baca juga: Mahfud MD dan Akbar Tandjung Semarakkan Jalan Sehat HUT ke-57 KAHMI 

Selain itu, hadir pula Tanri Abeng, Prof. Laode Kamaludin Rektor UICI, Prof. Komarudin Hidayat Rektor UIII, Dr. Marlinda Irwanti Poernormo, Rektor Universitas Sahid, Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat,Presidium Kahmi Abdullah Puteh, Romo HR Muhammad Safi’i, Ahmad Yohan, Zulfikar Arse Sadikin,dan para anggota Majelis Nasional KAHMI di seluruh Indonesia.

Ana Sofa Yuking selaku Ketua Panitia HUT MN KAHMI mengatakan, acara resepsi HUT ke-57 KAHMI kali ini mengusung “57 Tahun Berkhidmat Untuk Kemajuan Bangsa”. 

“Saya selaku ketua panitia HUT KAHMI ke-57, sangat merasa bersyukur. Karena apa? Karena di usia KAHMI yang menginjak lebih dari setengah abad ini, telah banyak sekali memberikan kontribusi yang luar biasa bagi tanah air kita Indonesia," kata Ana dalam keterangan pers, Jumat (22/9).

Baca juga: Rapimnas KAHMI untuk Jawab Isu Penting Jelang Pemilu 2024

"KAHMI merupakan organisasi yang terdiri dari para cendikiawan muslim yang berkhidmat  untuk kemajuan bangsa di berbagai bidang.” jelasnya.

Dua Misi Besar KAHMI

Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengungkapkan bahwa menghadapi pemilu 2024, Misi besar KAHMI ada dua yakni Misi Ke-Indonesiaan dan Keislaman,

"KAHMI memiliki kepentingan untuk mengamankan dan terlibat dalam event penting nasional 5 tahunan dengan cara yang inovatif, menjaga soliditas," jelas Doli.

"Semua keluarga besar KAHMI pasti punya keinginan yang memimpin republik ini adalah dari keluarga besar KAHMI. Namun, sebaiknya subjektifitas masing-masing keluarga besar KAHMI kita tempatkan secara profuktif," tuturnya.

Baca juga: Isu Ketahanan Pangan Harus Jadi Agenda KAHMI

"Urusan pilihan politik adalah urusan insan-insan hati Nurani, tapi secara institusi kita harus menempatkan institusi ini secara cerdas, secara taktis," papar Doli. 

“Puncak acara HUT Ke 57 KAHMI adalah KAHMI Summit yakni suatu forum di mana kita bisa menunjukkan bahwa keluarga besar KAHMI punya potensi besar untuk bisa bersinergi dengan siapapun membawa Indonesia yang akan datang untuk maju” ujar Doli. 

Challange Visi dan Misi Capres-Cawapres 2024

“Di KAHMI Summit nanti, para Dewan Pakar MN KAHMI akan men-challenge visi dan misi calon presiden dan calon wakil presiden tentang pembangunan pasca-pemilu dengan merekonstruksi paradigma pembangunan nasional untuk 5 tahun ke depan dalam enam aspek yakni, ideologi, politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, dan pertahanan dan keamanan,” tegas Ana.

Pada acara Gala Dinner HUT KAHMI tersebut para alumni HMI bersuka cita sambil menikmati hidangan dan hiburan di auditorium yang ditata mewah di Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta. 

Acara resepsi HUT KAHMI kali ini, sekaligus meluncurkan proyek Pembangunan Gedung KAHMI Center dan penggalangan dana. (RO/S-4)